Pewarisan Sifat yang Terpaut dalam Kromosom Seks

Biologi Kelas 9 SMP: Pewarisan Sifat yang Terpaut dalam Kromosom Seks

By Wawang Armansyah

Manusia mempunyai 23 pasang kromosom yang terdiri dari autosom (kromosom tubuh dan gonosom (kromosom kelamin). Maka rumus kromosom pada pria adalah 22AAXY dan pada wanita 22AAXX. Rumus tersebut artinya manusia memiliki 22 pasang autosom dan sepasang kromosom yang menentukan jenis kelamin (gonosom/kromosom seks). Jadi kromosom seks ada dua jenis, yaitu XY untuk pria dan XX untuk wanita.

Gen yang bertempat pada kromosom seks disebut gen terpaut seks. Sifat gen yang terpaut dalam seks sifatnya bergabung dengan jenis kelamin tertentu dan diwariskan bersama kromosom seks. Umumnya gen terpaut seks terdapat pada kromosom X, tetapi ada juga yang terpaut pada kromosom Y. Pewarisan sifat yang terpaut dalam kromosom seks antara lain gen buta warna dan hemofilia.

  • Buta warna
Buta warna

Orang yang menderita buta warna tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, buta warna merah hijau, tidak mampu membedakan warna merah dan hijau. Buta warna ini dikendalikan oleh gen resesif. Gen ini terpaut dalam kromosom X.

Terdapat 5 kemungkinan genotipe, yaitu:
  1. XC XC : wanita normal
  2. Xc Xc : wanita buta warna
  3. XC Xc : wanita pembawa buta warna/karier
  4. XC Y : pria normal
  5. Xc Y : pria buta warna

Wanita karier atau pembawa artinya wanita yang secara fenotipe normal tetapi secara genotipe dia membawa alel sifat resesif untuk buta warna.


  • Hemofilia
Hemofilia
Hemofilia merupakan kelainan dimana seseorang darahnya tidak dapat/sulit membeku bila luka. Luka kecil pun dapat menyebabkan penderita meninggal karena terjadi pendarahan yang terus-menerus. Gen yang mengendalikan sifat ini adalah gen resesif dan terpaut dalam kromosom X. Dalam keadaan homozigot resesif gen ini bersifat letal (menimbulkan kematian).

Beberapa kemungkinan susunan genotip adalah:
  1. XH XH : wanita normal
  2. Xh Xh : wanita hemofilia bersifat letal
  3. XH Xh : wanita pembawa/karier
  4. XH Y : pria normal
  5. Xh Y : pria hemophilia

Baca juga materi biologi tentang hereditas menurut mendel dan macam-macam fungsi zat makanan.