Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Biologi Kelas 9 SMP: Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

By Wawang Armansyah

Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri seperti penyakit sifilis, gonore (kencing nanah), dan herpes genetalis. Penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia dinamakan juga penyakit kelamin. Pada umumnya, penyakit kelamin ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit tersebut dapat menyerang pria maupun wanita.

1.    Sifilis

Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda sifilis, antara lain terjadinya luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir; pembengkakan getah bening pada bagian paha; bercak-bercak di seluruh tubuh; tulang dan sendi terasa nyeri ruam pada tubuh, khususnya tangan dan telapak kaki.
Tanda-tanda Sifilis

Tanda-tanda penyakit ini dapat hilang, namun bakteri penyebab penyakit tetap masih di dalam tubuh, setelah beberapa tahun dapat menyerang otak sehingga bisa mengakibatkan kebutaan dan gila. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan penggunaan antibiotik secara cepat.

2.    Gonore (kencing nanah)

Gonore (kencing nanah) disebabkan oleh bakteri. Gejala dari gonore, antara lain keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin; rasa panas dan sering kencing. Bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan penggunaan antibiotik secara cepat.

3.    Herpes Genetalis

Herpes genetalis disebabkan oleh virus. Virus penyebab penyakit herpes genetalis adalah Herpes simpleks. Gejala penyakit herpes genetalis, antara lain timbulnya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair.

Beberapa upaya pencegahan kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia

Karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbahaya maka lebih baik mencegah daripada mengobati. Cara pencegahannya antara lain:
  1. Memberikan penerangan mengenai bahayabahaya penyakit kelamin dan bagaimana cara pencegahannya.

  2. Menghindari hubungan seksual di luar perkawinan agar terhindar dari penyakit dan kelainan pada sistem reproduksi manusia.

  3. Menjaga kesehatan sistem reproduksi antara lain: Sering mengganti pembalut pada wanita yang sedang menstruasi. Setelah buang air kecil selalu membasuh alat kelamin bagi wanita.

Memang benar mencegah lebiih baik daripada mengobati. Ada penyakit yang selama ini orang beranggapan bahwa HIV/AIDS adalah penyakit dan kelainan pada sistem reproduksi manusia. AIDS bukanlah penyakit pada sistem reproduksi. Namun, AIDS dapat disebabkan karena adanya hubungan seksual, yang merupakan proses reproduksi pada manusia, oleh penderita AIDS. AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit karena turunnya sistem kekebalan tubuh. AIDS (Aquired Immuno Deficiency Syndrome) disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Syndrome).

Baca juga materi biologi tentang pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 - 2014 Biologi Sel Biologi Sel by Wawang Armansyah | Blogger