Tulang Manusia

Biologi Kelas 8 SMP: Tulang Manusia

By Wawang Armansyah

Tulang Manusia dapat tumbuh dan memanjang, karena di bagian ujung-ujung tulang terjadi pembentukan sel-sel tulang baru. Pada saat yang bersamaan tulang juga tumbuh melebar dan menebal. Dengan demikian tulang tumbuh memanjang dan melebar secara bersamaan.

Pada saat terjadi proses pertumbuhan tulang, di bagian tengah tulang terjadi penghancuran sel-sel tulang sehingga terbentuklah rongga yang selanjutnya diisi dengan sumsum tulang atau disebut juga sumsum kuning.
Tulang Manusia
Pada tulang terdapat lekukan dan tonjolan dipergunakan sebagai tempat menempelnya otot. Lubang dipergunakan untuk keluar masuknya pembuluh-pembuluh darah dan saraf.

1. Jenis-Jenis Tulang Manusia


Secara umum tulang dibedakan menjadi tulang keras dan tulang rawan atau disebut juga kartilago. Kedua jenis tulang itu berbeda dalam hal bahan penyusunnya.

Tulang keras merupakan tulang yang penyusunnya memiliki kandungan kalsium lebih banyak daripada zat perekatnya (kolagen) sehingga sifatnya keras, Contoh tulang keras, yaitu tulang tengkorak, tulang tangan, dan tulang kaki.

Tulang rawan merupakan tulang yang penyusunnya memiliki kandungan zat perekat (kolagen) lebih banyak daripada kandungan kalsiumnya sehingga sifatnya kenyal dan lentur. Contoh tulang rawan adalah tulang hidung dan tulang telinga.

2. Bentuk Tulang Manusia


Tulang-tulang yang menyusun tubuh kita sangat banyak jumlahnya. Berdasarkan bentuknya, tulang penyusun tubuh kita dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih, dan tulang tidak beraturan.

  • Tulang Pipa

Tulang ini memiliki bentuk sesuai namanya, berbentuk pipa. Tulang ini memiliki bentuk memanjang dan tengahnya berlubang. Contohnya adalah tulang paha, tulang betis, dan tulang lengan.

  • Tulang Pendek

Tulang pendek memiliki bentuk sesuai dengan namanya berbentuk pendek. Tulang ini bersifat ringan dan kuat. Meskipun tulang ini pendek, tulang ini mampu menahan beban yang cukup berat. Contohnya adalah tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan telapak kaki.

  • Tulang Pipih

Tulang ini memiliki bentuk pipih seperti pelat. Contoh dari tulang pipih adalah tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk, dan tulang dada.

  • Tulang tidak Beraturan

Tulang jenis ini merupakan gabungan dari berbagai bentuk tulang. Contohnya adalah tulang wajah dan tulang yang terdapat pada ruas-ruas tulang belakang.

3. Sumsum Tulang Manusia


Pada tulang yang ukurannya memanjang seperti pada tulang pipa mempunyai lubang atau saluran yang besar. Saluran-saluran itu terdapat di tengah tulang panjang yang diisi oleh jaringan berlemak yang disebut sumsum.

Sumsum merah tulang manusia berada di daerah tulang panjang bagian ujung di antara tulang spons, sedangkan sumsum kuning berada di tulang panjang bagian tengah dan sebagian besar berisi lemak. Pada orang sehat, sumsum tulang merah menghasilkan sel-sel darah merah dengan kecepatan sampai tiga juta sel per detik. Sel-sel darah putih juga dihasilkan di dalam sumsum tulang, tetapi lebih sedikit jumlahnya.

Baca juga materi biologi tentang Jaringan.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 - 2014 Biologi Sel Biologi Sel by Wawang Armansyah | Blogger