Sel

Biologi Kelas 7 SMP: Bagian-bagian Sel


Sel adalah unit kehidupan terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Ukurannya sangat kecil, sehingga untuk melihat harus dibantu dengan mikroskop.


Sel hewan dan sel tumbuhan
Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665 dan menyebutkan sel itu seperti kotak sarang lebah atau sel penjara.

Di dalam sel terdapat tiga bagian utama yaitu:
 

  • Membran sel atau selaput sel

Merupakan selaput yang membungkus seluruh isi sel. Berfungsi untuk melakukan pertukaran zat dalam sel. Zat itu antara lain oksigen, zat makanan dan sisa metabolisme. Dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan tersusun atas selulosa.
 

  • Inti Sel atau nukleus

Merupakan bagian terpenting yang mengatur seluruh kegiatan sel. Biasanya bentuk inti sel bulat dan di dalamnya terdapat kromosom yang merupakan benang-benang pembawa sifat keturunan.
 

  • Plasma Sel

Di dalam sel terdapat dua macam plasma sel. Ada yang disebut nukleoplasma, yaitu plasma sel yang terdapat di dalam nukleus (inti sel). Juga ada yang dinamakan sitoplasma yang terdapat di luar nukleus (inti sel) tetapi masih di dalam sel.

Sitoplasma Merupakan cairan yang mengisi seluruh bagian sel. Di dalam sitoplasma terlarut zat makanan dan zat-zat lainnya. Selain itu terdapat benda–benda khusus yang disebut dengan organel sel dan rongga sel (vakuola).

Di dalam sitoplasma terdapat beberapa organel sel antara lain:
  1. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein atau pembentukan protein.
  2. Mitokondria berfungsi untuk melakukan respirasi sel atau pernafasan sel untuk mendapatkan energi.
  3. Badan Golgi berfungsi sebagai alat pengeluaran.
  4. Retikulum endosplasma berfungsi sebagai sekresi protein dan lemak.
  5. Vakuola merupakan rongga sel. Pada vakuola terdiri dari dua macam, yaitu: vakuola berdenyut berfungsi untuk pengeluaran dan vakuola makanan berfungsi sebagai tempat pencernaan makanan.
  6. Kloroplas adalah zat warna hijau daun.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 - 2014 Biologi Sel Biologi Sel by Wawang Armansyah | Blogger